Trik Presentasi Yang Perlu Dikuasai


Jakarta – Dalam dunia kerja, rutinitas pekerjaan tak terlepas dari presentasi. Sebuah presentasi harus terlaksana secara baik agar menjadi optimal dan efektif. Berikut trik bagaimana melakukan presentasi yang baik :

Visual Aids
Ketika memberikan presentasi verbal yang disajikan dengan powerpoint, tentunya Anda harus menunjangnyanya dengan visual yang menarik. Tak hanya dengan slide yang berupa teks namun diperlukan sebuah gambar atau hal-hal menarik lainnya agar pesan lebih mudah untuk sampai ke audiens.

Bicara Jelas
Jaga volume suara dan jaga nada suara agar tidak monoton. Bicaralah dengan kalimat yang jelas agar semua audiens dapat mendengar. Jika Anda menggunakan note kecil untuk membantu ingatan, gunakanlah hanya untuk hal yang penting saja. Audiens akan tetap fokus jika Anda melakukan kontak mata. Dengan begitu suara Anda juga akan tetap jelas tanpa terbata–bata.

Tunjukkan pemahaman terhadap topik
Tunjukkan bahwa Anda sangat paham atas topik yang disampaikan. Anda tidak hanya menampilkan fakta, tetapi tunjukan juga bahwa Anda benar-benar tertarik dengan topik yang disampaikan. Jika audiens melihat Anda menjelaskannya dengan begitu antusias, dengan begitu mereka akan merasakan hal yang sama.

Praktek
Demonstrasikan presentasi Anda kepada rekan-rekan kerja atau anggota keluarga, lalu dapatkan feedback. Perhatikan apa yang akan menjadi pertanyaan mereka usai presentasi. Saran lainnya, cobalah latihan dengan berbicara di depan cermin dan rekamlah setiap Anda presentasi untuk mengetahui perubahan apa yang harus diperbaiki.
Riska Wandira – wolipop

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s