Cara Menjaga Kesehatan Otak Kita


Otak manusia terdiri lebih dari 100 milyar syaraf yang masing-masing terkait dengan 10 ribu syaraf lain. Bayangkan, dengan kerumitan otak seperti itu, maka kamu wajib menyayangi keberadaan otak kamu sebagai salah satu organ terpenting pada tubuh.

Otak adalah organ tubuh vital yang merupakan pusat pengendali sistem syaraf pusat. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku, dan fungsi tubuh homeostasis, seperti : detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh, dan suhu tubuh.

Otak juga bertanggung jawab atas fungsi, seperti : pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik, dan segala bentuk pembelajaran lainnya. Sungguh suatu tugas yang sangat rumit dan banyak yang harus diemban otak demi pemiliknya.

Maka, hindarilah kebiasaan buruk di bawah jika kamu masih ingin otak kamu dapat bekerja dengan baik dan benar :

1. Tidak Sarapan

Banyak orang menyepelekan sarapan, padahal tidak mengkonsumsi makanan di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak.

2. Kebanyakan Makan

Terlalu banyak makan mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menuntun kita pada menurunnya kekuatan mental.

3. Merokok

Merokok ternyata berakibat sangat mengerikan pada otak kita. Bayangkan, otak kita bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya. Tak ayal diwaktu tua kita rawan Alzheimer.

4. Banyak Mengkonsumsi Gula

Terlalu banyak asupan gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu.

5. Polusi Udara

Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien.

6. Kurang Tidur

Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak justru mati kelelahan.

7. Menutup Kepala Ketika Tidur

Tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya, karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi, sehingga otak tercemar. Jangan heran kalau lama kelamaan otak menjadi rusak.

8. Berpikir Terlalu Keras Ketika Sakit

Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak.

9. Kurangnya Stimulasi Otak

Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir, justru membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal.

10. Jarang Bicara

Percakapan intelektual biasanya membawa efek bagus pada kerja otak.

Meski menurut penelitian pada setiap harinya milyaran sel pada otak mati, namun setidaknya otak dapat berfungsi dengan baik jika dirawat dengan baik pula tentunya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

One thought on “Cara Menjaga Kesehatan Otak Kita

  1. Apabila ketika puasa kita tidak sahur,apakah menganggu kesehatan otak?
    Berapa jam tidur yang cukup untuk otak kita?
    Apakah melakukan hal-hal yang tidak manfaaf dapat menganggu kesehatan otak?
    Apa yang harus dilakukan agar otak tetap bugar padahal saya sering kurang tidur?
    Bagaimana cara agar kita tetap termotivasi dalam hal yang baik?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s