7 Cara Ajarkan Nilai Tanggung Jawab pada Anak


MENCARI cara untuk mengajarkan tanggung jawab pada anak-anak? Ini adalah pelajaran terbaik yang bisa Anda ajarkan di rumah.
Nilai pengasuhan seputar tanggung jawab mendidik anak untuk lebih mandiri dan membuatnya memahami bahwa tindakannya berpengaruh pada orang lain. Simak tujuh tip untuk mengajarkan anak Anda cara memikul tanggung jawab, seperti diulas Sheknows.
Berikan beberapa tanggung jawab
Usia yang tepat adalah awal terbaik untuk mengajarkan tanggung jawab pada anak Anda. Untuk usia sekolah, Anda bisa memberinya tanggung jawab dengan sedikit melebihkan uang saku agar ia mulai belajar mengelola uang.
Biarkan ia membuat keputusan
Membiarkan anak Anda membuat beberapa pilihan sendiri akan mengajarkannya makna tanggung jawab. Sekaligus membantunya mendapatkan kemerdekaan. Untuk anak yang lebih kecil, Anda cukup menawarkannya dengan pilihan terbatas, tetapi tetap memberinya kesempatan untuk memilih.
Latihan menunaikan tugas
Satu-satunya cara untuk menguasai keahlian apapun adalah melalui praktik. Dengan membiarkannya menangani tugas sesuai usianya, seperti memakai baju sendiri, dia juga akan menjadi lebih mandiri.
Berikan contoh yang baik
Saat Anda bisa menyelesaikan sebuah tanggung jawab dengan baik, tanpa disadari mata si kecil akan mengawasi pekerjaan Anda. Ia pun akan menjadikan sikap Anda sebagai cermin. Sebab, anak berbakat meniru.
“Apakah kita memperlihatkannya atau tidak, anak-anak selalu belajar dari contoh,” kata Thomas S Greenspon PhD, psikolog dan terapis pernikahan dan keluarga.
Menepati janji atau tepat waktu adalah sedikit cara untuk memberi contoh yang baik pada anak.
Gunakan buku
Buku cerita anak sarat pesan, jadi ketika datang waktu untuk membacakan cerita, pilihlah buku yang menggambarkan soal tanggung jawab. Pilih pula buku dengan karakter tokoh dan setting menarik untuk dapat menarik perhatiannya.
Dukung ia melewati situasi sulit
Naluri utama orangtua adalah mengarahkan dan melindungi anak. Daripada mengatakan apa yang harus dia lakukan secara lugas, lebih baik berikan bimbingan pada anak melalui proses hingga kesimpulan yang dibuatnya sendiri. Ajukan pertanyaan-pertanyaan dan dorong ia untuk berpikir sendiri dengan dukungan Anda.
Tunjukkan gambaran yang lebih besar
Tujuan utamanya adalah mendorong sikap tanggung jawab karena si kecil menginginkannya, bukan karena disuruh. Jelaskan padanya bahwa tugas membantu pekerjaan rumah turut meringankan beban seluruh anggota keluarga. Cara ini sekaligus membantunya memahami bahwa tindakan mereka memengaruhi orang lain. Terakhir, jangan lupa layangkan pujian jika ia menunaikan tanggung jawabnya dengan baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s