KEHILANGAN KEPERCAYAAN KEHILANGAN DIRI


ddAdakah kepercayaan berhubungan degan keberadaan seseorang,? Pertanyaan yang yang menarik untuk kita renungkan, walau sebenarnya pertanyaan ini tidak membutuhkan jawaban yang serius. Karena jawaban yang dalam dan serius adalah pertanyaan itu sendiri. Kepercayaan adalah sebuah komitmen dari seseorang yang diyakini  dengan hati, diungkapkan dalam kalimat verbal dan diwujudkan  dalam prilaku tubuh,  mempengaruhi cara berpikir, bertindak dan cara mengambil keputusan.

Dari itu kepercayaan sebenarnya adalah perangkat lunak yang terdapat dalam perangkat kasar manusia, yang bila hal ini tidak berfungsi dengan baik, maka dipastikan manusia tidak akan bisa menjalankan hidup sebagai mana dikehendaki oleh dirinya dan masyarakat. Dengan kata lain orang tersebut hidup dengan onggokan tubuh yang setatusnya sama dengan benda bergerak lainnya. Ini terkesan extrim memang tapi begitulah kenyataannya.

Diri adalah subtansi dari wujud manusia yang dalam teori keperibadian sering disimbulkan dengan persona, yang memberikan pengaruh pada kehidupan manusia dalam segala aspek tindakan dan prilaku. Dimana diri adalah peroses yang dilahirkan oleh sebuah tindakan pikiran, perkataan, perasaan hati dan prilaku yang sepontan yang dalam agama disebut Akhlak, budi pekerti, tatakrama, sopan santun dll. Inilah sebenarnya pribadi yang akan muncul bila kepercayaan sudah muncul dengan kuat pada diri seseorang. Tentu saja kepercayaan yang bukan karena stimulan instan ayng bisa dikondisikan dalam waktu singkat, bukan pula stimulasi plasibo yang hipokritis.

Kepercayaan dan diri adalah salah satu mata rantai yang majemuk yang kemudian melahirka konsep berpikir dan berprilaku yang sampai saat ini menarik untuk dikaji dan dikembangkan bagi kita yang masih hidup dan tentu saja akan membantu pula bagi yang merasa setengah hidup alias hidup segan mati tak suka. semoga kita tidak…

2 thoughts on “KEHILANGAN KEPERCAYAAN KEHILANGAN DIRI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s